Mahasiswa PBI Praktikkan Pidato Bahasa Inggris


Mahasiswa PBI UAD, Vianty Nada Huwaida, membuat sebuah pidato Bahasa Inggris dengan metode imitating. Pidato yang berjudul “The Power of Passion and Perseverance” dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Public Speaking semester ganjil TA 2020/2021. Dosen pengampu mata kuliah tersebut adalah Raden Muhammad Ali, S.S., M.Pd.

Metode imitating atau imitasi tidak hanya sekedar mengulang kata-kata yang diucapkan oleh pembicara asli namun terdapat sedikit pengembangan. Dalam pidato tersebut disampaikan bahwa salah satu indikator kesuksesan adalah kegigihan bukan IQ, kesehatan fisik atau kecerdasan sosial. Kegigihan bisa diartikan sebagai ketekunan serta semangat untuk mencapai tujuan dalam jangka panjang.

Kegigihan tidak tergantung dari seberapa berbakatnya seseorang. Bakat tidak akan membuat sesorang berusaha lebih gigih. Kesuksesan tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan dan bakat, tetapi juga growth mindset atau kekuatan pola pikir. Individu dengan growth mindset meyakini bahwa kemampuan bisa dikembangankan melalui kerja keras, dedikasi dan bakat merupakan modal awalnya saja.

Post a Comment